PANCASILA sebagai pedoman moral bangsa


Pancasila itu adalah pedoman bagi setiap bangsa indonesia untuk mencapai cita-cita masyarakat yang adil dan makmur. Indonesia merupakan negara yang sangat luas dan dihuni oleh masyarakat yang beraneka ragam (Agama, budaya, suku dan ras). Keanegargaman ini merupakan suatu kekayaan dan kekuatan bangsa. Bangsa yang memiliki keberagaman harus memiliki suatu unsur yang dapat merekat dan mempersatukan keberagaman tersebut. Di Indonesia (negara kita tercinta) unsur tersebut adalah kepercayaan akan adanya tuhan (KETUHANAN).


Masyarakat yang mengakui dan menyakini adanya Tuhan akan menghormati perbedaan/keragaman karena hal itu terjadi atas kehendak dari Tuhan. Ketika kita sudah mampu menghargai sesama manusia maka kita akan menjadi manusia yang beradab dan hal ini akan membawa kita kedalam persatuan.

Namun kita lihat kondisi kita pada saat sekarang ini isu sara masih terdengar dimana-mana dan masih terdapat pembenaran atas hal tersebut, tawuran masih marak dengan dasar perbedaan agama, ras, suku maupun budaya. Dari hal ini dapat kita nilai sudahkah kita menjadikan PANCASILA sebagai pedoman moral kita?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar