Mengintip Sistem Politik Kanada

Sistem politik Kanada seperti yang kita dikenal hari ini pertama kali disusun oleh Fathers of Confederation pada konferensi Quebec tahun 1864. Hal ini kemudian menjadi hukum dan konstitusi disahkan pada tahun 1867. Tindakan ini memberikan otoritas eksekutif formal untuk Ratu Victoria (Ratu Inggris) yang membuat Kanada menjadi negata demokrasi yang berdaulat. Sistem politik Kanada ini didasarkan pada sistem yang Inggris.
Sampai saat ini, Kanada adalah negara federal independen dengan Ratu sebagai kepala negara. Kekuatan negara ini sangat terbatas karena DPR menuruti hukum yang diberikan Ratu yang disebut dengan Royal Assent. Gubernur Jenderal Kanada adalah wakil Ratu di Kanada dan melaksanakan semua kewajiban kerajaan ketika Ratu tidak di Kanada. Gubernur Kanada dipilih oleh Ratu atas nasihat Perdana Menteri. Periode mereka biasanya lima tahun masa jabatan. Semua aktivitas pemerintahan berpusat digedung Parlemen yang berlokasi di ibu kota Kanada, Ottawa.
Pemerintah Federal memiliki kekuasaan untuk membuat hukum untuk perdamaian, ketertiban termasuk kebijakan Internasional, Pertahanan, Imigrasi, Hukum Pidana, Bea Cukai dan kontrol Perbatasan.

Senat
Senat terdiri dari 105 Senator yang ditunjuk oleh Gubernur Jenderal atas rekomendasi Perdana Menteri. Senator ini adalah pria dan wanita dari semua Provinsi dan dari berbagai latar belakang. Mereka dapat melayani di Senat sampai usia 75 dan harus menjadi warga negara Kanada. Setiap Propinsi atau Wilayah memiliki 24 Senator masing-masing dari Maritimes, Quebec dan Ontario, enam masing-masing dari Alberta, SM, Manitoba dan Saskatchewan, enam dari Newfoundland dan Labrador.
Peran utama dari Senat adalah untuk membaca dan memeriksa "Bills" (Dokumen kenegaraan) yang dikirim dari Dewan Bangsawan (sebutan bagi majelis tinggi dalam parlemen kerajaan) meskipun mereka juga dapat membuat Bills. Proses ini memastikan bahwa tidak ada tindak kejahat dalam pemerintahan. Setelah ini mereka mengirimnya kembali ke Gedung parlemen untuk amandemen dan selanjutnya diberikan kepada Gubernur Jenderal untuk persetujuan Royal. Persetujuan Royal ini yang nantinya akan menjadi UU.

Dewan bangsawan
Kekuatan sebenarnya dipegang oleh dewan bangsawan. Di sini, anggota Parlemen dipilih oleh masyarakat umum selama pemilu Federal (biasanya setiap 5 tahun). Negara ini terdiri dari 308 orang anggota parlemen yang semuanya dipilih dari suara terbanyak pada pemilu yang berasal dari partai-partai.
Beberapa partai di Kanada adalah Paul Martins Liberal (berkuasa saat ini), Stephen Harpers Conservatives, Partai Jack Layton's New Democratic, The Quebec Blok dan Partai The Green. 
Setiap pemimpin partai politik yang memenangkan pemilu menjadi Perdana Menteri Kanada (saat ini Paul Martin kaum Liberal). Perdana menteri tersebut akan menduduki msing-masing satu jabatan diantaranya menteri Kesehatan, Keuangan, Pertahanan dan Imigrasi.Meskipun anggota parlemen mewakili konstituensi lokal mereka, tugas utama mereka memperdebatkan undang-undang yang akan dibuat dan, tergantung pada Partai mereka, baik mendukung atau menentang Pemerintah. Pihak oposisi adalah partai politik dengan kursi terbanyak kedua di DPR dan pekerjaan utama mereka adalah untuk meminta pertanggungjawaban pemerintah atas keputusan mereka.

Legislatif
Bill yang telah dikirimkan oleh dewan bangsawan pertama akan diperkenalkan (dibacakan tanpa debat) dan kemudian Bill dicetak. Bill yang sudah dicetak akan menjadi RUU. Kemudian tahap kedua akan dilakukan pembacaan RUU dan dilakukan diskusi diikuti dengan voting. Jika berhasil, RUU tersebut kemudian dikirim ke tahap Komite. Komite akan membuat memeriksa RUU dan kemudian menyampaikan laporan kepada DPR. Pada tahap laporan, amandemen diperdebatkan dan dipilih. Kemudian akan lolos ke pembacaan ketiga. Di sini DPR melakukan diskusidan akan diperoleh rancangan akhir. Rancangan akhir yang telah disetujui akan dikirim kembali ke dewan bangsawan untuk disahkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar